-->

Bila Merasakan 4 Gejala Ini, Tandanya Tulang Anda Bermasalah

- 05.40

Oktren.com-Sebagian orang mungkin menganggap osteoporisis sebagai masalah mereka para manula saja. Meski pada kenyataannya masalah pada tulang seperti tulang pinggang, belakang dan lengan bagian bawah kerap terjadi pada mereka yang berusia 65 tahun ke atas, namun yang mendasarinya terjadi lebih awal dari yang anda kira.

Dengan kata lain, untuk mencegah sesuatu yang tidak diinginkan dengan tulang anda, semuanya harus dimulai jauh-jauh hari, bukan disaat semuanya sudah terlambat.

Perlu diketahui, jika dalam keluarga anda, baik ibu atau nenek memiliki masalah dengan osteoporosis, maka ada kemungkinan hal itu juga akan terjadi pada anda.

Adapun cara mendeteksi jika ada yang salah dengan tulang anda adalah dengan mengenali beberapa gejala di yang disebut Prevention.com berikut ini:

1. Kuku anda mudah patah
Kuku patah bukanlah hal yang abnormal. Namun ketika terjadi terlalu sering, itu dapat menandakan bahwa tulang anda sama rapuhnya. Beberapa studi menyebutkan bahwa pada orang yang memiliki kadar kolagen (protein penguat) pada bagian kuku juga menandakan kurangnya kolagen pada tulang. Sementara pada kuku yang lemah menandakan bahwa anda kekurangan kalsium, yang dibutuhkan tubuh untuk membentuk tulang.

Solusi:
Tingkatkan konsumsi makanan yang kaya akan kalsium seperti susu, yogurt, keju cottage, buah kale, brokoli dan sarden, selain juga bisa melalui suplemen vitamin D.

2. Gusi anda kendur
Tulang rahang anda berfungsi sebagai penyokokng gigi, dan seperti halnya tulang lainnya, tulang rahang juga dapat melemah. Ketika hal itu terjadi, gusi anda akan mulai melemah dan terlepas dari gigi. Ya, gigi anda akan tanggal karena ini.

Solusi: Kunjungi dokter gigi dan konsultasikan masalah anda pada dokter. Berikan informasi faktor osteoporosis jika anda memilikinya di keluarga anda, serta riwayat kesehatan anda seperti kebiasaan merokok, penggunaan obat seperti steroid atau defisiensi kalsium yang mungkin anda alami sebagai referesi.

3. Anda kehilangan kemampuan menggenggam
Jika anda mengalami kesulitan memutar, menekan atau mendorong gagang pintu, tulang anda adalah penyebabnya.

Solusi: Anda perlu menambah massa otot dan keseimbangan. Mulai mengambil sesi di gym, kalau bisa dengan support personal trainer untuk menghindari cidera yang tidak diinginkan. Yoga dan tai chi juga baik untuk meningkatkan keseimbangan dengan membangun kekuatan tubuh, fleksibilitas, gerakan dan refleks.

4. Jantung anda berdebar-debar
Pada keadaan normal, detak jantung orang disaat tidak melakukan kegiatan apa-apa adalah (resting heart rate) sekitar 60 hingga 100 kali per menitnya. Namun pada jantung yang berdetak 80 kali per menit disaat tidak melakukan apa-apa, berpotensi terkena gangguan pada pinggul, panggul dan tulang belakang.

Solusi:
Pertama, kenali terlebih dahulu detak jantung anda. Gunakan stopwatch (cek smartphone anda) dan hitung berapa banyak detak jantung anda dalam 15 detik, kalikan empat. Itu adalah resting heart rate anda.

Jika lebih tinggi dari 80, sudah waktunya anda merubah pola hidup anda. Olahraga seperti berjalan, berlari, tenis, berdansa atau aerobik dapat membantu anda mengatasi masalah ini.


Advertisement

 

Start typing and press Enter to search