SuaraNetizen.com - Konon ya sobat netizen, motivasi terbesar teroris melakukan bom bunuh diri, pembunuhan, pengrusakan dan kemungkaran lainnya itu adalah untuk mendapatkan tujuh puluh dua bidadari di surga...Wowwww...amazing !!!!!.
Para teroris yang mengatasnamakan agama menganggap dirinya sebagai mujahid, layaknya para sahabat yang ikut berperang di masa Nabi dulu, sehingga merasa berhak untuk mendapatkan fasilitas surga seperti halnya para mujahid lainnya.
Menyebut teroris sebagai mujahid sebenarnya merupakan kekeliruan dan permasalahan. Jihad yang mereka lakukan sekarang justru sangat bertolak belakang dengan jihad yang dilakukan di masa Nabi dan para sahabatnya. Terlebih lagi, ada banyak etika Islam dan prinsip kemanusiaan yang mereka langgar.
Impian akan mendapatkan 72 bidadari ini disebutkan dalam hadits riwayat al-Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Ahmad yang bersumber dari sahabat Miqdam bin Ma’di. Rasulullah bersabda, “Orang yang mati syahid mendapatkan tujuh keistimewaan dari Allah; diampuni sejak awal kematiannya, melihat tempatnya di surga, dijauhkan dari adzab kubur, aman dari huru-hara akbar, diletakkan mahkota megah di atas kepalanya yang terbuat dari batu yakut terbaik di dunia, dikawinkan dengan tujuh puluh dua bidadari, serta diberi syafaat sebanyak 70 orang dari kerabatnya.”
Merujuk pada ilmu hadits, ketika ditemukan sebuah riwayat, maka yang pertama kali dilakukan adalah analisis otentitas sanad, setelah itu baru dilakukan analisis matan hadis (redaksional). Andaikan hadits tersebut shahih dan redaksinya juga tidak bermasalah, hadits tersebut belum tentu bisa diamalkan karena perlu ditinjau lagi dengan metode pemahaman hadits. Tingkah langkah ini mesti digunakan dalam memahami hadis agar tidak terjebak dalam kekeliruan dan kesalahan.
Analisis Sanad
Menurut al-Tirmidzi hadits di atas termasuk kategori hadits hasan. Akan tetapi, jika ditelaah lebih lanjut, di dalam sanad hadits terdapat dua perawi yang perlu diperhatikan, yaitu Baqiyah bin Walid dan muridnya, Nu’aim bin Hammad. Pasalnya, Baqiyah dikenal sebagai seorang mudallis, tapi ketadlisannya ini dinilai tidak merusak sanad, karena ia meriwayatkan hadits ini dari rawi yang tak diragukan lagi kredibilitasnya, sekalipun ia hanya menyebut gelar gurunya saja, dan tidak menyebut namanya secara langsung.
Sementara Nu’aim bin Hammad adalah orang yang sangat jujur tapi sering melakukan kesalahan dalam periwayatan. Oleh karena itu, banyak juga ulama yang mendhaifkannya. Namun di sisi lain, para ulama, seperti Ibnu Ma’in, memuji ketangguhannya membela sunnah Nabi. Bahkan, ia pernah masuk penjara dan meninggal di sana lantaran membela sunnah.
Mayoritas ulama hadits berpendapat bahwa riwayat Nu’aim dapat diterima selama ia meriwayatkan hadits tersebut dari orang Syam yang kredibel. Dan hampir semua guru-guru Nu’aim dalam hadits ini merupakan orang-orang Syam. Sehingga dalam hal ini, penulis setuju dengan penilaian al-Tirmidzi, yang mengatakan hadis ini Hasan. Hasan adalah sebutan untuk hadits yang hafalan salah satu perawinya tidak sekuat hadits shahih. Posisinya terletak antara shahih dan dhaif.
Analisis Matan dan Bagaimana Memahaminya
Timbulnya kata “bidadari (hur al-‘ain)” dalam hadits ini menarik untuk dicermati. Soalnya dalam riwayat lain, imbalan menikah dengan tujuh puluh dua bidadari tidak disebutkan. Perlu bahasan khusus untuk membuktikan apakah redaksi menikah dengan tujuh puluh dua bidadari ini tambahan (idraj) dari perawi atau bukan. Terlepas dari persoalan ini, yang menarik untuk dipertanyakan adalah apakah imbalan bidadari itu faktual atau hanya sekedar ilustrasi?
Dalam literatur Islam, keindahan surga dinarasikan dengan sebuah tempat yang indah, penuh pepohonan, ada sungai yang mengalir, dan disediakan pula bidadari-bidadari cantik untuk para penghuninya. Gambaran ini tak jauh berbeda dengan pemandangan lokasi-lokasi wisata yang ada di Indonesia. Bagi orang Indonesia mungkin narasi seperti ini tidak terlalu fantastis, karena kita sudah terbiasa melihat pemandangan seperti itu.
Namun lain ceritanya jika ilustrasi ini disampaikan kepada orang Arab, dulu ketika al-Qur’an diturunkan negeri mereka masih gersang, tandus, dan panas. Sehingga, gambaran tentang pohon, sungai, plus bidadari cantik ialah ilustrasi paling pas untuk menggambarkan keindahan surga. Impian menikah dengan bidadari kelihatannya merupakan iming-iming yang sangat menggiurkan bagi masyarakat Arab yang masih kental dengan pernikahan antar sesama klan dan mahar tinggi.
Dari aspek bahasa, kata hur al-‘ain (yang diterjemahkan dengan bidadari oleh banyak penerjamah) terdiri dari dua kata, hur artinya wanita yang putih, sementara al-‘ain diartikan wanita yang memiliki mata bulat yang indah. Hal ini secara tidak langsung menunjukan bahwa wanita paling cantik menurut bangsa Arab waktu itu ialah wanita yang berkulit putih dan bermata bulat. Standar ini tentu sangat relatif, masing-masing daerah memiliki standar yang berbeda-beda mengenai kecantikan perempuan.
Andaikan kisah tentang bidadari itu faktual, pertanyaan lanjutannya, siapa yang berhak memilikinya? Siapa yang dimaksud dengan syahid dalam hadis di atas?
Syahid bisa diartikan dengan “yang banyak disaksikan”, sebab kelak Allah dan para malaikat akan menyaksikan mereka masuk surga dan mereka juga akan menyaksikan kenikmatan yang dijanjikan Allah kepadanya. Sementara secara terminologis, syahid berati orang yang meninggal di jalan Allah karena membela agama Allah. Ingat, membela di jalan Allah, bukan di jalan Sarinah!
Kemudian syahid juga identik dengan jihad, yang berati mencurahkan kemampuan, usaha, dan seluruh tenaga. Berikutnya, kata jihad ini mengalami perkembangan makna.
Jihad selalu diidentikkan dengan perperangan dan pertumpahan darah. Padahal bila diperhatikan dalam al-Qur’an dan hadits, jihad tidak hanya sekedar perang. Ibnu Umar mengatakan bahwa jihad adalah perbuatan baik (ihsan) dan perbuatan baik tidak selalu berarti berperang. Apalagi melakukan aksi terorisme dan menganggu ketertiban umum, semisal bom bunuh diri. Dalam hadits lain juga disebutkan, orang yang meninggal karena sakit perut pun dapat dikategorikan mati syahid.
Intinya, ada banyak tafsir dan penggunaan kata syahid dan jihad dalam al-Qur’an dan hadits. Sekali lagi, andaikan menikah bidadari dengan tujuh puluh bidadari itu benar, kita juga perlu bertanya ulang, apakah layak mereka yang membunuh orang atas nama agama itu mendapatkan fasilitas tersebut? Bukankah melakukan pembunuhan, perang, dan bom bunuh diri di saat negara dalam keadaan aman merupakan tindakan kriminal yang dilarang agama? Dalam sejarahnya pun Nabi SAW tidak pernah mendeklarasikan perang kecuali jika diserang terlebih dahulu dan demi menyelamatkan diri.
Oleh: Neneng Maghfirah, peneliti hadits di el-Bukhari Institute dan alumni pesantren ilmu hadits Darus-Sunnah Ciputat.