-->

MENGETAHUI SIKSA KUBUR

- 04.57


Assalamu'alaikum teman-teman,mari kita simak sejenak catatan tentang mukjizat nabi berikut ini.


Rasulullah Sholallohu 'alaihi wasallam dikaruniai Alloh beraneka ragam bentuk mukjizat. Hampir semua tindakan beliau menunjukkan kelebihannya yang tidak dimiliki oleh orang lain. Di antara mukjizat beliau adalah beliau diperlihatkan siksa kubur oleh Alloh Subhanahu wa Ta'ala.

Diceritakan oleh Umar bin Khaththab, "Pada suatu pagi, aku menjumpai Rasulullah Sholallohu 'alaihi wasallam  bersama Abu Bakar sedang duduk sambil menangis, lalu aku bertanya tentang sebab yang membuat keduanya menangis.
Rasulullah Sholallohu 'alaihi wasallam kemudian menjawab,
''Aku menangis karena kawanmu menawarkan kepadaku untuk menerima uang tebusan, dan kini telah diperlihatkan kepadaku azab yang nyaris menimpa kalian. Azab tersebut tampaknya lebih dekat lagi dari pohon ini,' sambil menunjuk ke arah sebatang pohon yang tidak jauh darinya."

Dari kejadian di atas, lalu turunlah ayat berikut ini.
'Tidak patut bagi seorang nabi mempunyai tawanan sebelum ia dapat melumpuhkan musuhnya di muka bumi. Kamu menghendaki harta benda duniawiah, sedangkan Allah menghendaki (pahala) akhirat (untuk­mu). Dan, Allah Mahaperkasa lagi Mahabijaksana. Kalau sekiranya tidak ada ketetapan yang telah terdahulu dari Alloh, niscaya kamu ditimpa siksaan yang besar karena tebusan yang kamu ambil. Maka, makanlah dari sebagian rampasan perang yang telah kamu ambil itu, sebagai makanan yang halal lagi baik, dan bertakwah kepada Allah; sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang." (al-Anfaal: 67-69)

Apa yang disaksikan oleh Rasulullah Sholallohu 'alaihi wasallam dengan wujudnya siksa itu merupakan suatu mukjizat bagi beliau. Sebab, hal tersebut tidak mungkin bisa dilakukan oleh manusia biasa.

Diceritakan oleh Ibnu Abbas r.a.,
"Sewaktu Nabi Sholallohu 'alaihi wasallam , berjalan bersama Para sahabatnya melewati dua kuburan, tiba-tiba beliau berkata, 'Orang yang berada di dalam dua kubur ini telah disiksa oleh Allah .' Para sahabat lalu bertanya, 'Apakah keduanya itu disiksa karena melakukan dosa besar?'
Nabi Sholallohu 'alaihi wasallam  menjawab, 'Benar, salah satunya berjalan (di muka bumi ini) dengan suka mengadu domba.

Adapun yang satunya lagi tidak pernah menutupi dari air kencingnya (artinya: percikan dari air kencingnya itu seringkali mengenai tubuhnya atau pakaiannya. Lalu, dipakainya untuk melakukan sholat tanpa mencucinya terlebih dahulu atau berganti dengan pakaian yang suci). '
Kemudian, Rasulullah Sholallohu 'alaihi wasallam mengambil kayu yang masih basah lalu dipecahnya menjadi dua. Selanjutnya, beliau menancapkan kayu tadi pada masing-masing dua kubur tersebut, seraya bersabda,
''Semoga kayu ini dapat meringankan siksa keduanya selama ia belum kering.'" (HR Bukhari 1/239)

Dalam riwayat yang lain diceritakan oleh Abi Ayyub ra,a berkata,
"Sewaktu Rasulullah Sholallohu 'alaihi wasallam keluar (dari rumahnya) matahari telah terbenam, beliau lalu mendengar suara. Kemudian beliau berkata, ''Orang Yahudi telah disiksa di dalam kuburnya."

Sebenarnya masih banyak lagi hadits yang menceritakan kemampuan beliau yang dapat mengetahui siksa kubur dan perkara -perkara gaib lainnya, yang tidak dapat dianalisis secara ilmiah.Sebab, ini merupakan bagian dari kelebihan beliau dibandingkan dengan manusia pada umumnya, yang diberikan oleh Alloh kepadanya.

Demikian catatan tentang Mukjizat Nabi Muhammad Sholallohu 'alaihi wasallam,Mengetahui Siksa kubur.
Kita sambung lain kali dengan Mukjizat Nabi yang lain.
Terimakasih,wassallamu'alaikum.

Advertisement

 

Start typing and press Enter to search